Jumat, 28 Maret 2014

MENGONTROL GULA DARAH DENGAN DAUN BINAHONG



     Riset membuktikan daun anrederacordifolia itu mampu menurunkan kadar gula darah secara signifikan.
             Gaya hidup
‘Diabetes yang berkepanjangan dapat menyebabkan mata rabun,tuli,jantung koroner,gangguan ginjal,serta inpotensi’,Kadar gula darah tinggi membuat pembulu darah jadi rapuh.data fropil kesehatan Indonesia menunjukkan,pada 2005-2006 diabetes berada pada peringkat ke-9 penyakit tidak menular penyebab kematian di rumah sakit di seluruh Indonesia.pada 2007,posisi itu naik menjadi peringkat ke-6 dengan jumlah kematian 5,7 persen.Dunia kedokteran mengenal 2 jenis diabetes,yakni diabetes tipe 1 dan 2.diabetes tipe 1 di sebabkan oleh kerusakan sel beta pankreas akibat autoimun,sehingga menjadi defisiensi insulin.diabetes tipe 2, lebih di sebabkan gaya hidup tidak sehat seperti pola makan,obesitas,kurang olahraga,dan kesibukan sebanyak 90 persen penderita diabetes adalah tipe 2.
Terbukti ilmiah
Khasiat binahong sebagai anti diabetes terbukti secara ilmiah . Dr Farida Hayati MSI Apt dan Mir A kamila dari Jurusan Farmasi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, mengujidaun Anredera cordifolia secara praklinis pada hewan pe rcobaan telah diberi 125 mg aloksan / kg bobot badan [BB] agar menjadi diabetes, periset membagi hewan uji ke dalam 5 kelompok. Kelompok 1 sebagai control negative yang hanya diberi akuades.
            Sementara kelompok II            sebagai kontrol psitif. Pada kelompok itu Farida memberikan glibenklamid,obat hipoglikemik oral golongan sulfonylurea yang telah terbukti secara klinis.pada kelompok lll-V,Farida memberikan infus air rebusan daun binahong kering dengan dosis masing-masing 0,2 g, 0,41 g, dan 0,81 g per 200 g bobot badan [BB] tikus.
            Hasilnya,pemberian daun binahong mampu menurunkan glukosa darah tikus pada hari ke-8 dan ke-16 .Efek paling optimal terlihat pada kelompok hewan yang di beri infuse air rebusan 0,81 g daun binahong kering per 200 g BB. Dosis itu mampu menurunkan glukosa darah hingga 24,29 persen.jumlah itu hampir sama dengan kontrol positif yang mencapai 24,75 persen.Artinya,keampuhan air rebusan daun binahong hampir setara obat penurun gula darah.
            ‘kemungkinan kandungan flavonoidnya yang berperan menurunkan glukosa darah,’ ujar Farida Hayati,dokter alumnus Universitas Gajah Mada itu.Flavonoid memiliki cincin benzene dan gugus gula yang reaktif terhadap radikal bebas dan dapat bertindak sebagai senyawa penangkap radikal bebas penyebab diabetes.
            Para herbalis juga meresepkan binahong untuk membantu mengatasi diabetes , ‘ Binahong bersipat membersihkan darah sehingga darah kebali normal,’ Herbalis di Bintaro, Tangerang Selatan, Lukas Tersono Adi. Herbalis yang meresepkan binahong sejak 2004 itu juga menyarankan konsumsi binahong kepada pasien kolestrol, darah tinggi, kanker, dan kista. Binahong juga yang membebaskan diri dari diabetes mellitus.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar